Tags

, , , , , , ,

FORUM FACEBOOK SEBAGAI INOVASI

A.      PENDAHULUAN

I.  Latar Belakang

Perkembangan teknologi begitu pesat, salah satunya adalah media internet. Dimana banyak manfaat yang kita dapat gunakan dari internet mulai dari sarana hiburan, sarana memperoleh informasi, dan bahkan bisa digunakan untuk media edukasi atau pendidikan.

Media internet sangat bervariasi salah satunya adalah social media, seperti facebook,twitter, skype, messenger dan lain sebagainya, tetapi untuk kali ini terfokus pada social media facebook. Dimana yang kita ketahui penggunaan facebook atau jejaring social antar teman tersebut untuk mengunggah  atau men-sharing sebuah foto,video,wall atau pun menggunakan forum untuk mengajak ke sebuah acara tertentu dan menggunakan live chat untuk berkomunikasi dengan teman, kerabat dan sebagainya.

Dan disini akan dibahas tentang apakah forum facebook sebagai forum diskusi sebuah mata kuliah bisa dikatakan sebuah inovasi? atau itu bukan sama sekali inovasi? atau bisa jadi inovasi dan bisa juga tidak jadi inovasi dalam kasus atau keadaan tertentu?itu semua akan dibahas berdasarkan survey para mahasiswa yang terlibat dalam forum DIP yang berdasarkan pendapat para ahli yaitu rogers dan reigeluth.

II. Pertanyaan survey

Pertanyaan survei :

“Apakah Forum Group Discussion IDP ini termasuk inovasi dalam mata kuliah ini?”. Kalau Anda jawab “YES”, atau “NO” atau “YES & NO”, berikan alasan mengacu pada teori Rogers & Reigeluth”

pertanyaan setelah survey:

1. Hitung dan tabulasi berapa jumlah yang “aktif” (menjawab) serta berapa yang “pasif” (tidak menjawab)!

2. Hitung dan tabulasi dari yang mahsiswa yang aktif dan berapa yang memilih “YES”, “NO”, dan “YES & NO”!

3.Kategorisasi/klasifikasi serta hitung frekuensinya. Misalnya yg memilih “YES”, “NO”, “YES&NO”, apa saja alasan, dan hitung yang alasan yang sama!

III. Tujuan

survei ini bertujuan untuk mengetahui pendapat para responden(mahasiswa yang mengikuti perkuliahan DIP) apakah grup DIP di facebook merupakan inovasi dalam belajar berdasarkan pendapat rogers dan reigeluth

IV. Manfaat

survey ini bermanfaat untuk mengatahui  pemanfaatan facebook bisa dijakian inovasi dalam pembelajaran

V.  Responden Survei

semua mahasiswa yang mengikuti kuliah DIP Reguler 2011 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.

VI. Teknik Survei

Teknik/metode yang digunakan pada saat pengumpulan data adalah metode survey yaitu dengan melihat keaktifan responden didalam forum, dan melihat jawaban para responden berapa orang menjawab Yes, No dan Yes& No serta melihat alasan jawaban mereka

B.      HASIL SURVEY

Berikut adalah hasil survei grup diskusi facebook TP UNJ Angkatan 2011 Reguler Tanggal 24 Maret 2013, Pukul 16:30 WIB

1. Berikut adalah jumlah keaktifan mahasiswa dalam menjawab forum diskusi

keaktifan siswa keaktifan siswa diagram lingkaran

 

Dari 40 mahasiswa ternyata hanya 24 orang yang aktif mengikuti diskusi dan 16 orang yang tidak menjawab atau sekitar 60% yang aktif dan 40% untuk mahasiswa yang pasif sampai minggu, 24 Maret 2013 pukul 16.30. selebihnya terlambat dalam menjawab di forum diskusi.

2. jumlah mahasiswa aktif yang menjawab, yes, no maupun yes no.

2 2a

dari 24 mahasiswa yang aktif terdapat 4 orang(16,67%) yang beranggapan “ya” forum facebook adalah inovasi dalam mata kuliah dip, 3 orang (12,5%) beranggapan forum facebook “bukan” inovasi dalam mata kuliah dip, dan 17 orang(70,83%) beranggapan bisa dikatakan ya sebagai inovasi dan bisa dikatakan bukan inovasi.

3. Kategorisasi/klasifikasi “YES”, “NO”, “YES&NO” dan alasannya

jawaban YES

 

3 3a

dari 4 orang yang beranggapan “ya” forum diskusi facebooj untuk mata kuliah DIP adalah sebuah inovasi 3 orang beralasan karena diskusi melalu social media(facebook) dianggap baru, dan 1 orang beranggapan ini bisa berkelanjutan untuk diturunkan ditiap angkatan.

 

jawaban NO

4dari 3 orang yang mengapa menjawab “NO” ini bukan sebuah inovasi, 2 orang beralasan karena ini termasuk e-learning, dan 1 orang berpendapat ini tidak berkelanjutan.

berdasarkan jawaban yes/no

5

Dari 17 orang yang beranggapan forum diskusi facebook untuk mata kuliah DIP bisa dikatakan YES karena mereka beranggapan jika facebook adalah hal yang baru dalam forum diskusi dan NO jika ini dikategorikan dalam E-LEARNING sebanyak 15 orang dan 2 orang beranggapan “YES” jika ini berkelanjutan dan “NO” jika ini tidak berkelanjutan.

C.      PEMBAHASAN

Dari data berdasarkan hasil survey yang saya dapatkan terdapat 24 orang mahasiswa yang aktif menjawab forum diskusi dan 16 orang yang tidak merespon atau masih pasif keterlibatannya dalam forum diskusi DIP tersebut.

Adapun dari 24 mahasiswa yang aktif mereka semua mempunyai pendapata yang berbeda-beda, 4 orang diantaranya beranggapan forum diskusi facebook adalah “ya” sebuah inovasi bagi mereka, karena mereka beranggapan forum dalam facebook merupakan hal yang baru bagi mereka dan ini juga berdasarkan teori rogers “inovasi adalah sebuah gagasan atau ide yang benar-benar baru bagi individu yang bersangkutan dan bersifat menyeluruh,”  dan menurut salah seorang mahasiswa juga bahwa jika menurut teori regulth ini bisa berkelanjutan karena bisa diturunkan ditiap angkatan penggunaan forum untuk mata kuliah DIP ini.

Bagi mereka yang berpendapat “NO” forum facebook bukan sebuah inovasi dalam mata kuliah DIP, karena mereka beranggapan bahwa forum facebook adalah salah satu penerapan dari E-LEARNING, dan juga mereka beranggapan berdasarkan teori reigulth “suatu proses perubahan secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam mencapai suatu tujuan tertentu” mereka beranggapan forum facebook ini tidak berkelanjutan yang nantinya akan berhenti sampai mata kuliah selesai.

Bagi mereka yang berpendapat YES/NO memang paling dominan 17 dari 24 mahasiswa yang aktif setuju pada jawaban YES/NO atau sekitar 70,83% yang berpendapat bisa dikatakan “YA” forum diskusi facebook ini adalah sebuah inovasi jika berdasarkan teori Rogers yes jika forum diskusi melalui facebook hal yang baru, dan dikatakan yes jika forum ini akan berkelanjutan nantinya, dan dikatakan “TIDAK” jika social media dikategorikan e-learning, maupun mengacu pada teori reigulth bahwa forum facebook ini belum menyeluruh dan tidak berkelanjutan.

D.      KESIMPULAN

Berdasarkan data yang didapat dari hasil survei dari mahasiswa reguler jurusan kurikulum dan teknologi pendidikan yang tergabung dalam group DIP 2011 dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Facebook dalam Forum Group Discussion IDP itu bisa dikatakan sebagai sebuah Inovasi jika mengacu pada definisi inovasi menurut rogers yang merupakan hal yang baru bagi para mahasiswa penggunaan forum untuk diskusi mata kuliah. Dan forum bukan dikatakan inovasi  jika dilihat dari teori reigulth, yaitu forum ini masih belum menyeluruh karena banyak mahasiswa yg belum terlibat dan juga keberlanjutan nantinya yang masih dipertanyakan

KARLINA SELVIANA TP REG UNJ 2011

Advertisements