my big hopes/expectations on ‘PBAC’S’ course!

pengembangan Bahan Ajar Cetak, sebuah mata kuliah wajib bagi konsentrasi media di jurusan teknologi pendidikan. tapi menurut saya ini seharusnya dijadikan mata kuliah wajib jurusan teknologi pendidikan bukan hanya konsentrasi media, mengapa? karna kita ini adalah jurusan teknologi pendidikan dimana kita ini berbasis memecahkan masalah belajar dan salah satu mengatasi masalah belajar dapat dibuatnya modul mandiri untuk mengatasi masalah yang ada atau semacamnya. dan diprakteknya pun kita akan dilihat sebagai lulusan teknologi pendidikan tidak dilihat dari konsentrasi mana yang anda ambil, intinya kita harus menguasai minimal mengetahui tentang media, belajar kinerja maupun pembelajaran. bahkan untuk mahasiswa teknologi kinerja ilmu bahan ajar cetak ini juga berguna dimana misalnya ia melakukan pelatihan disuatu lembaga pendidikan jika diharuskan adanya materi bahan ajar cetak setidaknya ia tahu mana bahan ajar yang baik dan persyaratan apa saja yang dibutuhkan atau idealnya untuk membuat bahan ajar cetak tersebut, bahkan dalam PBAC ini juga dibahas masalah :

  1. Analisis Kebutuhan: Masalah, Tugas, Kompetensi, Bahan belajar
  2. Analisis Kontingensi Belajar
  3. Analisis Kurikulum

Dari pembahasan diatas yang intinya adalah melatih kita menganalis dapat diterapkan kepada semua bidang konsestrasi apalagi bagi teknologi kinerja yang sudah diwajibkan mengalisis masalah yang ada jika ingin diadakannya sebuah pelatihan.

harapan yang saya inginkan setelah mengikuti mata kuliah PBAC (Pengembangan Bahan Ajar Cetak) :

1. dapat mengetahui segala informasi mendasar tentang bahan ajar cetak.

mulai dari pengertian, jenis, metode, grafika dan lain sebagainya, jadi initinya bagaimana saya bisa mengembangkan bahan ajar cetak jika dasar-dasar bahan ajar cetak saja saya tidak tahu. jadi dimulai dari tahap pengetahuan awal menurut bloom yaitu mengetahui. mengetahui dasar-dasar tentang bahan ajar cetak.

2. dapat menganalisis masalah, tugas dan kemampuan bahan ajar.

dengan dapat mengalanisis secara detail dan benar setelah mengatahui dan paham tentang bahan ajar cetak kita akan paham bahan cetak yang seperti apa yang akan kita buat.

3. dapat mengcreate atau membuat bahan ajar cetak yang baik sesuai pedoman yang ada.

dapat membuat bahan ajar cetak sesuai dengan kriteria dan ketentuan yang ada dan juga yang disesuaikan dari kebutuhan yang berbasis masalah yang ada.

4. dapat berkontribusi dalam meminimalisir dan membuat bahan ajar cetak diindonesia menjadi lebih baik lagi.

mengapa saya berkiinginan demikian? karna saya sudah banyak mendengar kabar bagaimana bahan ajar cetak yang beredar di indonesia khususnya diskolah banyak mengalami masalah misalnya seperti digunakannya kata-kata yang tidak pantas untuk diajarkan pada murid sd, dengan menggunakan kata-kata kasar yang tidak mendidik pada siswanya, ada juga bahan ajar yang kurang interaktif dan grafika yang masih kurang efektif dan sebagainya, dengan mengetahui ilmu PBAC secara mendalam saya berharap dapat menulis atau membuat bahan ajar cetak dengan baik dan memberikan efek positif bagi para penggunanya dan juga menghidari kesalahan-kesalahan atau masalah yang ada sebisa mungkin meniadakan masalah bahan ajar yang beredar sekarang-sekarang ini dengan begitu bahan ajar cetak yang ada di indonesia bisa lebih baik lagi kedepannya atau paling tidak meminimalisir kesalahan yang ada sekarang ini.